Pergi ke Golf (Jababeka Golf) untuk main golf? Bagi anda yang memiliki banyak uang, bermain golf mungkin hal yang biasa. Demikian juga bagi anda yang menjadi salah satu dari pucuk pimpinan perusahaan di daerah Cikarang ini, yang permainan golf merupakan bagian dari aktivitas bisnis anda (baca: lobby) selain memang untuk berolahraga.

Bagi kita orang kebanyakan, pergi ke Golf paling untuk berenang. Termasuk saya, beberapa kali, karena tidak rutin, datang ke sana mengajak anak-anak untuk berenang. Suasana kolam yang tidak begitu ramai, dengan keberadaan kolam besar dan kolam kecil khusus anak-anak, ditambah dengan adanya fasilitas tempat bermain anak-anak, menjadikan kolam renang di Golf tersebut menjadi tempat olahraga yang mengasyikkan bagi keluarga.

Sekarang sudah ada fasilitas terbaru di Golf tersebut, yaitu Outbond yang dilengkapi permainan Paintball. Silakan mencobanya, meskipun tarifnya tidak bisa dibilang murah, 75 ribu rupiah per permainan. Boleh juga tuh kalau dibayari oleh perusahaan, sekali-sekali perusahaan memberikan outbound training kepada karyawannya. Di sana disediakan paket corporate, yang per orangnya hanya 200 ribu rupiah. Anda bisa usulkan ke manajemen perusahaan anda.

Pergi ke Golf juga bisa dilakukan meskipun kita tidak punya uang sama sekali. Yang penting ada sepeda gowes, atau kita juga bisa pakai sepeda motor, atau kalau beramai-ramai bisa pakai mobil, untuk pergi ke sana. Jalan kaki? Boleh juga dicoba. Tinggal susuri saja jalan dari ujung Ruko Anggrek menuju Bundaran Golf, tiba di Bundaran kita kitari ¾ lingkarannya (eh, kalau pakai sepeda atau jalan kaki kita nggak perlu memutari bundaran kayaknya, langsung belok kanan Bang! ..he..he..he..) selanjutnya belok kiri menuju Golf. Di jalan menuju Golf itu, hentikan kendaraan kita dan parkir di pinggir jalan itu.

Keluarlah dari jalan aspal menuju rerumputan, terus langsung gelar tikar, matras, atau permadani yang kita bawa, atau juga kasur tiup kalau mau. Lho? Mau ngapain kita?
Ya, kita bisa melakukan berbagai aktivitas di rerumputan, di pinggir jalan menuju Golf ini. Kita bisa melakukan kegiatan apa saja: membaca buku, makan, sekedar minum-minum, tiduran, atau sekedar bercanda dengan anak-anak. Atau bisa juga kita bersama-sama teman-teman mengadakan acara seperti diskusi, belajar bersama ataupun arisan, tentunya dalam suasana yang santai. (Boleh baca pengalaman kawan-kawan saya dari kelompok Master Mind Cikarang 1, MMC1, di sini atau di sini)

Di bawah kerindangan pohon-pohon besar, apalagi dalam suasana di sekitarnya yang sedang panas terik, akan terasa nikmatnya kita berada di sana. Udara yang segar, dengan pemandangan serba hijau yang lepas di sekeliling kita, akan membuat kita merasa betah untuk berlama-lama. Ditambah hembusan angin semilir ke tubuh kita, akan menyejukkan badan hingga hati kitapun menjadi tentram. Tidak heran, jika kita berlama-lama di situ, rasa kantuk pun perlahan-lahan akan datang.


Arisan pun bisa dilakukan di sini













Pulang sekolah pun, ngumpul dulu di sini!












Kalau kita ingat pelajaran sekolah dulu, kenapa berada di bawah pohon pada siang hari terasa sejuk, karena pada saat itulah, pohon dengan hijau daunnya (Bukan nama grup band lho!) sedang melakukan fotosintesa, yaitu proses mengubah karbondioksida dari udara ditambah air dari dalam tanah, menjadi karbohidrat dan oksigen! (Masih ingat nggak ya? He..he..he..) Oksigen yang baru keluar dari dedaunan pohon-pohon itulah yang membuat kita merasa segar. Subhanallah! Allah telah menciptakan tanaman sedemikian rupa, sehingga oksigen di bumi ini tidak habis-habis meskipun kita pakai untuk bernapas, dan kita keluarkan setelah proses respirasi dalam tubuh kita sebagai karbondioksida.

Tinggal kita sebagai makhluk-Nya, bagaimana mensyukuri nikmat ini dengan menjaga kelestarian alam, supaya tanaman hijau ini tetap ada dan tidak habis karena ketamakan kita juga. (Jadi ingat slogan ”One Man One Tree”, yang menandakan bahwa kian hari jumlah pepohonan kian berkurang sehingga perlu digalakkan program seperti itu).

Udara sejuk biasanya menimbulkan rasa lapar di perut. Jadi tidak salah kalau kita datang ke situ membawa makanan dan minuman. Lebih enak lagi, bawa makan siang kita. Nasi putih yang pulen (apalagi kalau beli berasnya dari Cimart – maaf, iklan), ikan asin, lalap plus sambal, ditambah dengan sayur asem, akan membawa kita ke suasana yang tidak mudah kita peroleh di rumah. Sangat nikmat! Alhamdulillah.

Kalau kita tidak membawa bekal makan minum, di lokasi itu pun bisa ditemukan beberapa pedagang makanan dan minuman. Jadi anda tinggal membawa bekal uang secukupnya. Mudah-mudahan saja pedagangnya tidak bertambah banyak, supaya tidak diusir pihak security Jababeka.






Kerindangan sepanjang jalan dari Bundaran menuju Golf


Masih beruntunglah kita warga Cikarang Baru. Di tengah-tengah kekurangpuasan kita akan beberapa hal yang berhubungan dengan kota hunian kita ini (masalah keamanan, banjir, infrastruktur jalan, tarif air, asap kalimalang dll.), kita masih diberikan kesempatan oleh pengembang kota ini untuk menikmati kesegaran lahan kosong hijau yang masih luas, area di sekitar padang golf ini. Meskipun mungkin, untuk sementara.

Entah sampai kapan, mungkin tidak lama kesempatan menikmati itu, karena di sekitar lokasi tersebut sudah direncanakan akan dibangun Movieland dan Medical City, satu megaproyek bernilai 10T yang tentu saja akan memakan lahan kosong hijau yang sekarang bisa kita pakai untuk bersantai-santai itu.

Berminat untuk mengadakan acara di sini? Boleh dicoba, selagi masih bisa. Tapi pesan kakek saya, jangan lupa untuk membersihkan sampahnya ya!


(CP, Jul 2009)

0 Comments:

Post a Comment