Libur panjang 3 hari (long weekend) di akhir bulan Februari 2010 ini sangat menyenangkan warga Cikarang yang banyak di antaranya adalah para pekerja pabrik-pabrik atau perusahaan-perusahaan yang tersebar di beberapa kawasan industri di Cikarang. Banyak di antara mereka yang menyempatkan diri pulang kampung, dengan ditandai ramainya pool bis antar kota antar provinsi yang bertebaran di beberapa lokasi pada hari akhir masuk kerja, yaitu hari Kamis sore hingga malam lalu. Shelter bis Jababeka - Bandung pun yang merupakan terminal di dalam kawasan Jababeka 2, dijubeli oleh para calon penumpang yang tentu saja bermaksud "uih ka lembur" (pulang kampung) ke ibu kota Parahyangan dan sekitarnya itu. Apalagi Terminal Cikarang di kawasan Cikarang Lama yang punya jurusan tujuan jauh lebih banyak, penuh sesak oleh para calon pemudik 3 hari (kecuali yang memperpanjangnya dengan mengambil cuti dari tempat kerjanya).

Bagi yang tidak pulang kampung atau bepergian ke luar kota, anda bisa mengisi waktu dengan beraktivitas di rumah seperti membaca buku, menulis, memasak sekeluarga atau pun berkebun. Juga bisa bersama-sama warga RT anda mengadakan kegiatan olah raga atau pun kerja bakti.
Berwisata kuliner di Cikarang pun cukup menjadi pilihan, karena Cikarang memiliki beberapa lokasi usaha kuliner yang cukup layak untuk anda kunjungi.
Bosan di rumah, jalan-jalan di sekitar Cikarang tentu saja menjadi obat penghibur dalam mengisi liburan ini, bisa anda lakukan bersama keluarga atau pun dengan teman-teman/tetangga anda.

Bagi anda penggemar televisi, anda bisa menonton acara TV seharian (emang kuat? he.he.he..Ibu-ibu dan anak-anak biasanya kuat tuh!) terlebih bagi anda yang berlangganan saluran TV berbayar, sangat puas deh dengan beragam saluran dan variasi acaranya (namanya juga bayar ya!). Bagi anda yang tidak berlangganan, anda bisa memutar film dari VCD-DVD (kebanyakan bajakan ya?) di rumah. Yang mau menonton bioskop, tentu saja pilihan utama orang Cikarang adalah bioskop Lippo 21 di Mal Lippo Cikarang, karena itulah satu-satunya (benar nggak ya?) bioskop di wilayah kita. Meskipun film-film yang diputar di sana ketinggalan dibandingkan dengan di bioskop-bioskop Jakarta atau pun Kota Bekasi, karena lokasinya yang dekat dan harga tiket masuknya yang relatif murah membuatnya tetap mempunyai daya tarik bagi masyarakat Cikarang.
Untuk mengetahui film apa yang sedang diputar di sana, kita bisa kirim sms dari handphone (Ketik LIP CIK kirim ke nomor 2121), atau menggunakan menu tambahan dari SIM Card hape anda (contoh T-Sel Menu untuk operator Telkomsel atau M3 Access untuk operator Indosat M3), atau lewat internet masuk ke website grup cineplex 21 di alamat http://www.21cineplex.com/nowplaying.htm?city_id=29. Kalau punya waktu anda bisa datang langsung ke sana, tapi artinya menebak-nebak apakah ada film yang sesuai dengan selera kita.

Jika beberapa waktu yang lalu, para penikmat film disuguhi film Holywood yang menggunakan special effect berteknologi tinggi yang bercerita tentang perjuangan sebuah bangsa di sebuah planet yang jauh dari bumi dalam mempertahankan kelestarian habitat mereka, di mana manusia bumi datang ke sana untuk mengeksploitasi sumber daya alam di sana, atau di akhir tahun lalu kita diberi pilihan sebuah film keluarga (kalau tidak disebut film untuk anak-anak) bagian kedua dari tetralogi-nya novel karya Andrea Hirata, yaitu Sang Pemimpi, maka kali ini saya tidak menyarankan anda mengisi libur ini dengan menonton di sana, apalagi anda bersama istri (wah,berarti saya bicara ke para suami ya?..he.he..he..) terlebih membawa anak-anak. Mengapa? Yang jelas saya bukan sedang melaksanakan black campaign terhadap bioskop satu-satunya di daerah kita ini. Tidak! Sama sekali tidak. Semuanya tergantung kepada anda.

Karena, eh karena ...film yang sedang diputar di sana tidak sesuai untuk anak-anak anda, dan tidak sesuai juga untuk anda yang menyukai film berdasarkan kualitasnya, serta nilai moral dan nilai seninya.
Lihat saja, dari judulnya saja kita sudah bisa membayangkan seperti apa film yang sedang ditayangkan:
1. Kain Kafan Perawan
kain kafan,perawan

2. Arisan Brondong
arisan,brondong

3. Diperkosa Setan
diperkosa,setan

4. Haloween 2
halloween

Kecuali...kecuali anda memang penggemar film-film seperti itu he.he.he....Silakan deh, saya tidak pernah melarang. Hanya, jangan bawa anak-anak ya!

Kapan ya kita lebih sering mendapat film yang (agak) mencerdaskan?


Salam,
Ceppi

http://naysha-snack.blogspot.com

Baca Selengkapnya...

Salah satu media nge-blog yang paling populer adalah wordpress.com. Entah kenapa selama ini saya merasa belum tertarik pada wordpress ini, makanya kedua blog sederhana saya bertengger di blogspot.com. Meskipun demikian, sebenarnya saya sudah tidak asing dengan interface wordpress ini, karena saya beberapa kali menghadapinya ketika posting tulisan di beberapa public blog, seperti misalnya kompasiana.com dan di bloggercikarang.com, yang keduanya saya tahu menggunakan engine-nya wordpress.

Jadi selama ini saya tahu engine wordpress ini bisa dipakai untuk mengelola konten sebuah website, misalnya jika kita punya website pribadi atau website komunitas. Ini yang membedakan wordpress dengan blogmedia populer lain seperti blogspot dan multiply. Hanya bagaimana memanfaatkan engine ini sampai bisa mengelola website lain, itu masih menjadi tanda tanya bagi saya.

Pagi tadi, saya mengikuti pelatihan tentang Wordpress ini di RM Sami Kuring Cikarang yang diselenggarakan oleh TDA Bekasi. Meskipun saya bukan anggota TDA, tapi karena banyak teman-teman yang aktif di sana dan Pak Eko Eshape sebagai dedengkot blogger Bekasi maupun TDA Bekasi mengajak saya secara pribadi, saya pun turut serta dalam kegiatan pelatihan ini.
Selain karena tertarik untuk mempelajari wordpress ini (sekaranglah saatnya), saya juga ingin berkenalan lagi dengan para blogger, menambah teman gaul dan juga teman yang saya tahu mereka banyak yang sudah terjun ke dunia bisnis. Namanya juga anggota TDA...!

Trainer pertama adalah Mas Irfan Zj seorang aktivis TDA sekaligus pengurus inti Be-Blog. Mulai memperkenalkan apa itu website, blog dan wordpress, dilanjutkan dengan menuntun para peserta bagaimana membuat account baru di wordpress. Setelah itu, mulailah dengan memperlihatkan bagaimana mengkustomisasi segala macam di dalam halaman admin wordpress masing-masing. Saya baru menyadari lagi (sebelumnya memang sudah menyadari juga, he.he.he..) bahwa wordpress memang sangat powerful. Mudah untuk dikustomisasi, kemampuannya lebih dan terasa profesional.

Sistem pengeditan wordpress versi terbaru sudah menggunakan WYSIWYG (What You See Is What You Get), sehingga kita tidak perlu lagi berpusing-pusing dengan kode-kode html. Meng-edit posting-an di wordpress sama mudahnya dengan mengedit di Microsoft Word atau word editor grafis lain. Termasuk meng-insert gambar, suatu objek yang sangat penting dalam memberikan suasana lebih/ilustrasi (ketimbang cuma tulisan atau cerita), tinggal meng-klik icon "insert picture". Mudah bukan? (he.he.he..tentunya bagi Anda yang sudah merasakan bagaimana wordpress ini)

Saya pun pada kesempatan itu (sebenarnya sebelum training berlangsung), membuat account baru wordpress, dan membuat alamat blog http://ceppiprihadi.wordpress.com. Dilanjut dengan langsung
mengutak-atik setting-an wordpress saya sesuai arahan Mas Irfan, dan merasakan kehebatan engine terbaru wordpress ini.
Namun, sayang seribu sayang Saudara-saudara! Ternyata jatah waktu untuk Mas Irfan hanya 1 jam. Jadilah Mas Irfan terlihat sangat menyesal karena belum menuntaskan materinya dan para peserta pun terlihat kecewa dari ekspresi wajah-wajah mereka karena belum puas. Terutama peserta yang baru membuat account wordpress.

Tapi tetap jempol deh buat Mas Irfan Zj!

Photobucket
Mas Irfan Zj dan Mas Ismed, kedua tutor kita!

Materi berikutnya, tentang security wordpress, dibawakan oleh Mas Ismed yang ganteng, sesuai dengan contoh password yang ditunjukkannya, ha.ha.ha... Pertama diterangkan secara umum tentang domain, hosting, web application, password, anti virus dan hal-hal lain yang berhubungan dengan security atau keamanan data di internet maupun di komputer kita. Salah satu hal yang mungkin kita sering kita anggap sepele, bagaimana membuat dan memperlakukan password suatu account di internet, termasuk account wordpress.

Mas Ismed Ismail Daud
ini menjelaskan, bahwa resiko kehilangan data atau ditembusnya data rahasia kita di internet oleh orang lain selalu ada, sehingga kita harus berhati-hati dalam menjaga security ini. Ada beberapa teknik sederhana yang cukup ampuh dalam mempersulit hacker bermain-main dengan data kita. Salah satunya adalah dengan cara men-delete user admin pada account kita. Teknik lainnya saya kurang paham, harus membaca materinya sekali lagi. Mudah-mudahan saja dikirimi oleh Mas Ismed, he.he.he..(berharap mode: on).
Mengupgrade engine wordpress secara berkala, dan meng-install security plugin adalah dua langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan data kita di wordpress.

Satu jam sudah Mas Ismed memandu para peserta tentang security ini. Cukup bikin pusing karena kekurang-familiar-an saya terhadap hal-hal yang berbau security ini. Harus belajar banyak nih!
Jempol juga deh buat Mas Ismed!

Setelah Mas Ismed, trainer berikutnya adalah Mas Didin, yang punya website McDin.net. Materinya adalah tentang SEO. SEO? Apaan tuh?
Saya juga belum tahu SEO itu apa, meskipun sering mendengar istilahnya. Nah, menurut Mas Didin, SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization ini, adalah teknik bagaimana membuat agar website kita terindeks di halaman 1 google. Mengapa demikian, karena sebagian besar orang masuk ke sebuah website melewati search engine terbesar itu. Jadi jika alamat atau link menuju website kita bertengger di halaman 1 pencarian google, akan sangat mudah orang untuk datang berkunjung.
Apalagi jika website kita itu merupakan website bisnis, di mana jumlah kunjungan, atau yang juga disebut traffic, menentukan peluang terjadinya transaksi bisnis (order). Bagaimana kita mendapatkan customer jika tidak ada atau hanya sedikit pengunjung yang datang.

Photobucket
Mas Didin sedang memberikan tutorial tentang SEO

Di sinilah perlunya kita mencari cara bagaimana agar website kita bertengger di tempat teratas halaman pencarian google. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitasnya "Adwords"-nya google. Intinya adalah kita menaruh kata kunci (keyword) yang bisa menunjukkan atau mengarahkan pengguna internet agar berkunjung ke website kita. Fasilitas ini ada berbayar ada juga yang gratis (?). Yang gratis, tentunya hasilnya tidak sebesar yang berbayar.
Setelah itu pun kita harus tahu, berapa banyak kunjungan ke website kita. Untuk hal ini, kita bisa memanfaatkan tools yang tersedia di internet, yang di antaranya: AWStats, google analytics, sitemeter, histats, indostats (ini buatan anak Indonesia), dan punya wordpress sendiri yaitu wordpress.com stats. Dengan tool ini, kita bisa mengetahui selain berapa banyak orang atau kunjungan, juga dari mana mereka berasal (sampai ke kota dan negara asal), jam berapa dan gambaran kunjungan tersebut secara chart.

Waduh, untuk yang security dan SEO, ilmu saya benar-benar masih cetek, kalau nggak dibilang belum punya. Bercerita di sini saja belum mampu, apalagi membuat panduannya. Yang jelas, saya harus belajar banyak kepada para suhu tadi. Oh, iya. Jempol juga buat Mas Didin! Pokoknya jempol tangan kanan Mas, bukan jempol kaki!..ha.ha.ha..

Ada lagi! Acara pelatihan tersebut gratis lho! Tidak dipungut bayaran sama sekali. Satu-satunya syarat adalah kita harus memesan hidangan di RM Sami Kuring. Yang ini mah, nggak apa-apalah, wong kita emang masih lapar dari rumah (sempat sarapan, tapi tidak banyak).
Ditambah lagi, dengan infrastruktur hotspot yang kuencengng..RM Sami Kuring benar-benar layak menjadi venue acara seperti ini.



CP, Feb 2010

http://ceppiprihadi.wordpress.com

Baca Selengkapnya...

Teman baik saya Pak Firman bercerita tentang pengalamannya. Hari Sabtu lalu beliau beserta keluarga jalan-jalan ke wilayah Kota Intan Garut, dan berkunjung ke sebuah taman air di kawasan Cipanas. Katanya, arena bermain air itu belum lama dibangunnya dan cukup mengasyikkan dengan berbagai fasilitas yang lumayan lengkap. Kolamnya banyak, ada kolam untuk anak-anak, ada kolam santai, ada kolam arus, ada kolam waterboom dan kolam lain-lain. Istimewanya kolam di taman air ini ... adalah berisi air panas (hangat) alami. Panas dari alam, karena lokasi taman air itu di kaki sebuah gunung berapi yang di tahun 1981 meletus, yaitu gunung Galunggung, bukan sengaja dipanaskan, dan yang jelasnya airnya jernih tak tercium bau kaporit.

sabda alam
Taman Air

Selain arena bermain air, kata Pak Firman lagi, ada juga wahana bermain roller coaster yang selama ini kita kenal baik di Dufan Ancol. Ternyata di Garut yang terkenal dengan dodol garut pun ada roller coaster-nya! (tentu dibuatnya bukan dari dodol kan Pak?...:)
Arena kegiatan outbond yang sedang trend di berbagai kota, ada juga ... lengkap dengan fasilitas flying fox-nya, meskipun di foto terbacanya adalah "flaying fox" (menguliti rubah/musang?..he.he..).

sabda alam
Roller coaster kebanggaan warga Garut


sabda alam
Untung bukan "Playing Pok"

Pak Firman pun mengajak teman-teman Cimart-nya untuk bersama-sama berwisata keluarga ke sana. Supaya keluarga para Cimarter menjadi lebih akrab, selain untuk refreshing, katanya.

Nama taman air tersebut?
Pak Firman tidak menyebutkan nama tempat tersebut. Hanya berdasarkan bocoran, saya sudah tahu nama tempat tersebut. Cukup terkenal di Garut, sebagai arena bermain modern pertama di kota yang jaraknya dari Bandung sekitar 70 km ini.

Anda juga mau tahu nama taman tersebut? He..he..he..
Silakan ditebak...petunjuknya adalah nama taman tersebut sama dengan judul lagu sekaligus 2 lagu yang berbeda, yang diciptakan pada zaman berbeda.
Satu penciptanya merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu-lagu pop yang lagunya sering menjadi hits di blantika musik pop tanah air, yaitu Chrisye. Sementara pencipta yang lain adalah seorang komponis lagu-lagu perjuangan sekaligus lagu romantis yang lagunya tidak pernah lekang oleh perjalanan zaman. Siapa yang menciptakan "Sepasang Mata Bola" sekaligus lagu heroik "Halo-halo Bandung"?
Ya, dia adalah Ismail Marzuki, komponis besar Indonesia.

Lalu judul lagunya apa dong?

Coba kita nyanyikan lagunya!

Kicau burung bernyanyi
Tanda buana membuka hari

......
Ini yang lagunya Chrisye

Sementara yang lagunya Bang Maing (panggilan akrab Ismail Marzuki):

Diciptakan alam pria dan wanita
Dua makhluk dlm asuhan dewata

......

Kalau anda penggemar acara Kuis Berpacu Dalam Melodi, pastilah anda mengetahui judul kedua lagu itu. Dan judul lagu itu menjadi nama dari taman air di Garut tersebut.

Ya, namanya SABDA ALAM!

He.he.he....kita ke sana yuk! Jadi penasaran...

CP, Feb 2010


*Ide cerita dan foto-foto courtesy of Pak Firman Alamsyah Cikarang Baru

Baca Selengkapnya...
;;