Teman baik saya Pak Firman bercerita tentang pengalamannya. Hari Sabtu lalu beliau beserta keluarga jalan-jalan ke wilayah Kota Intan Garut, dan berkunjung ke sebuah taman air di kawasan Cipanas. Katanya, arena bermain air itu belum lama dibangunnya dan cukup mengasyikkan dengan berbagai fasilitas yang lumayan lengkap. Kolamnya banyak, ada kolam untuk anak-anak, ada kolam santai, ada kolam arus, ada kolam waterboom dan kolam lain-lain. Istimewanya kolam di taman air ini ... adalah berisi air panas (hangat) alami. Panas dari alam, karena lokasi taman air itu di kaki sebuah gunung berapi yang di tahun 1981 meletus, yaitu gunung Galunggung, bukan sengaja dipanaskan, dan yang jelasnya airnya jernih tak tercium bau kaporit.

sabda alam
Taman Air

Selain arena bermain air, kata Pak Firman lagi, ada juga wahana bermain roller coaster yang selama ini kita kenal baik di Dufan Ancol. Ternyata di Garut yang terkenal dengan dodol garut pun ada roller coaster-nya! (tentu dibuatnya bukan dari dodol kan Pak?...:)
Arena kegiatan outbond yang sedang trend di berbagai kota, ada juga ... lengkap dengan fasilitas flying fox-nya, meskipun di foto terbacanya adalah "flaying fox" (menguliti rubah/musang?..he.he..).

sabda alam
Roller coaster kebanggaan warga Garut


sabda alam
Untung bukan "Playing Pok"

Pak Firman pun mengajak teman-teman Cimart-nya untuk bersama-sama berwisata keluarga ke sana. Supaya keluarga para Cimarter menjadi lebih akrab, selain untuk refreshing, katanya.

Nama taman air tersebut?
Pak Firman tidak menyebutkan nama tempat tersebut. Hanya berdasarkan bocoran, saya sudah tahu nama tempat tersebut. Cukup terkenal di Garut, sebagai arena bermain modern pertama di kota yang jaraknya dari Bandung sekitar 70 km ini.

Anda juga mau tahu nama taman tersebut? He..he..he..
Silakan ditebak...petunjuknya adalah nama taman tersebut sama dengan judul lagu sekaligus 2 lagu yang berbeda, yang diciptakan pada zaman berbeda.
Satu penciptanya merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu-lagu pop yang lagunya sering menjadi hits di blantika musik pop tanah air, yaitu Chrisye. Sementara pencipta yang lain adalah seorang komponis lagu-lagu perjuangan sekaligus lagu romantis yang lagunya tidak pernah lekang oleh perjalanan zaman. Siapa yang menciptakan "Sepasang Mata Bola" sekaligus lagu heroik "Halo-halo Bandung"?
Ya, dia adalah Ismail Marzuki, komponis besar Indonesia.

Lalu judul lagunya apa dong?

Coba kita nyanyikan lagunya!

Kicau burung bernyanyi
Tanda buana membuka hari

......
Ini yang lagunya Chrisye

Sementara yang lagunya Bang Maing (panggilan akrab Ismail Marzuki):

Diciptakan alam pria dan wanita
Dua makhluk dlm asuhan dewata

......

Kalau anda penggemar acara Kuis Berpacu Dalam Melodi, pastilah anda mengetahui judul kedua lagu itu. Dan judul lagu itu menjadi nama dari taman air di Garut tersebut.

Ya, namanya SABDA ALAM!

He.he.he....kita ke sana yuk! Jadi penasaran...

CP, Feb 2010


*Ide cerita dan foto-foto courtesy of Pak Firman Alamsyah Cikarang Baru

0 Comments:

Post a Comment