Sungguh unik dan mungkin pertama di Indonesia, pemerintah dan warga sebuah kota merayakan ulang tahun kotanya dengan mengundang kehadiran para blogger se-Indonesia, dalam sebuah acara anjangsana dan seminar interaktif yang memakan waktu 2 hari. Adalah komunitas blogger Bekasi Be-Blog yang didukung penuh oleh pemerintah Kota Bekasi, yang berulang tahun ke-13, yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatannya sendiri disebut Amprokan Blogger 2010 (tentunya ada angka tahun berarti ada harapan tahun berikutnya akan diadakan lagi...Amin!), dengan istilah "amprokan" yang sangat kental Bekasi yang berarti pertemuan atau temu. Dengan tema "Blogger Cerdaskan dan Hijaukan Bekasi", panita menjanjikan kegiatan ini sangat berbobot dan tentunya bermanfaat bagi perkembangan kota Bekasi serta iklim per-blog-an di Indonesia.

Bentuk kegiatannya pun, yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Maret 1010 itu, sangat tidak biasa. Para peserta terutama yang berasal dari luar kota dan luar pulau (menurut catatan saya, semuanya berasal dari 14 provinsi di Indonesia) di-asrama-kan selama 2 malam. Juga para blogger tersebut diajak untuk beranjangsana ke lokasi-lokasi unik dan bernilai, seperti Taman Hutan Kota dan Tugu Bina Bangsa Bekasi, lalu sentra kerajinan (UKM) boneka dan yang paling aneh adalah diajak ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah kota Bekasi. Selanjutnya adalah kunjungan ke sebuah universitas di Cikarang yang berada di wilayah saudaranya kota Bekasi ini, yaitu di kabupaten Bekasi, dan Botanics Garden, sebuah kebun raya yang dibangun oleh pihak swasta di lokasi yang tidak jauh dari universitas tersebut.


hutan kota,bekasi,amprokan
Kunjungan Bloggers ke Hutan Kota


Pulang dari lokasi-lokasi tersebut, para blogger ditantang untuk menge-blog di lokasi pendopo Balai Kota Bekasi, untuk menceritakan pengalaman mereka selama kunjungan ke lokasi-lokasi anjangsana tadi dalam acara Live Blogging Competition. Lalu malamnya diisi dengan acara sarasehan, meskipun aktualnya lebih berupa hiburan panggung, musik dan lagu-lagu. Acara terakhir di hari pertama itu adalah Midnight Talkshow menampilkan 2 orang selebritis yang juga merupakan blogger, yaitu Risa Amrikasari dan Jane Shalimar.
Di hari kedua, kegiatan diisi dengan Seminar Interaktif dengan tema "Green Cybercity dan Peran Komunitas Blogger" dan "E-government, Blogger dan Pemberdayaan Masyarakat" menampilkan pembicara-pembicara perwakilan Menkominfo, perwakilan bupati Sragen (sebagai kabupaten yang dianggap sukses menyelenggarakan e-government), tokoh-tokoh blogger nasional seperti Budi Putra dan Romi Satria Wahono, serta Nukman Lutfhie. "Green Cibercity" dan "E-government" yang didambakan untuk terwujud oleh banyak pemerintah daerah di Indonesia (kapan ya?) dan tentunya warganya juga, merupakan issue menarik untuk dibicarakan, sehingga seminar interaktif yang merupakan bagian dari Amprokan Blogger 2010 ini menjadi sangat amat berharga untuk dilewatkan.

Dan semuanya berlangsung sukses! Saya sendiri pun turut senang dan sangat terkesan mengikuti kegiatan ini sebagai salah satu pesertanya, meskipun hanya hari pertama. Very impressive!

Be-Blog yang usianya masih belia ini (baru beberapa bulan lho!) sangat beruntung menghuni kota yang memiliki walikota seorang H. Mochtar Mohammad, yang begitu besar perhatiannya terhadap kegiatan komunitas blogger, sehingga Be-Blog bisa membuat acara hebat berskala nasional ini atas dukungan pemerintah Kota Bekasi, dan tentunya para sponsor.
PemKot Bekasi pun sangat mengetahui potensi yang dimiliki para blogger yang bernaung di Be-Blog, dengan sumber daya manusia yang mumpuni, sehingga berharap kegiatan Amprokan ini bermanfaat positif mengangkat citra Kota Bekasi dan tentu saja para blogger yang hadir di kegiatan ini bisa membantu mempromosikan Kota Bekasi. Mempromosikan program kerja pemerintah kota Bekasi, juga keunggulan-keunggulan dan keunikan yang dimiliki Bekasi. Lalu menawarkan potensi ekonomi yang luar biasa terhadap investor dan menampilkan produk-produk hasil karya warga Bekasi yang bisa dijual baik untuk pasar lokal maupun pasar mancanegara, serta potensi wisata yang menjanjikan.

Dengan menyadari kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh komunitas blogger se-Indonesia (bloggers’ power) pemerintah Kota Bekasi dengan cerdas telah menjadikan para blogger sebagai mitra strategisi lewat kegiatan Amprokan Blogger ini. Sementara bagi Be-Blog, Amprokan ini bisa dijadikan ajang pembuktian diri kemampuan komunitas ini dalam menghelat kegiatan berskala nasioanal dan juga dalam kiprah di dunia blogging Indonesia.




Selamat bagi Be-Blog, didukung PemKot Bekasi, yang telah sukses menyelenggarakan Amprokan Blogger 2010!

CP, Mar 2010

0 Comments:

Post a Comment