Dulu pernah saya disodori teka-teki oleh seorang teman. Sampai sekarang, cerita teka-tekinya masih saya ingat, dan saya susun sendiri menjadi bentuk cerita yang sedikit berbeda. Begini ceritanya: (Mudah-mudahan anda tidak bingung menjawabnya)

tanda tanya
(Sumber gambar: thewashingtonnote.com)

Pada suatu siang, masuklah seorang pemuda ke dalam sebuah toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Lalu mulailah dia mencari-cari beberapa barang yang dibutuhkannya, dan setelah barang-barang itu didapatkannya, pergilah pemuda itu ke meja kasir.
Penjaga toko yang bernama Ani itu menghitung harga barang-barang tersebut. Ada 5 item dengan nilai belanja total 30 ribu rupiah. Saat si pemuda membayar belanjaannya dengan selembar 50 ribu rupiah, Ani baru menyadari bahwa di laci meja tidak ada uang kembalian. Setelah meminta pemuda itu untuk menunggu, akhirnya Ani keluar toko sebentar menuju rumah makan di sebelah untuk menukarkan uang 50 ribuan itu dengan pecahan yang lebih kecil. Kembali ke toko, Ani langsung memberikan uang kembalian sebesar 20 ribu ke si pemuda, yang akhirnya pergi dengan barang belanjaannya.

Beberapa saat kemudian, datanglah bapak pemilik rumah makan sebelah ke toko tersebut dengan bersungut-sungut, bilang ke si Ani bahwa uang 50 ribu yang ditukarkan tadi adalah uang palsu. Sejenak Ani memperhatikan uang kertas yang dibawa Bapak tersebut, dan selintas dia ingat rupa uang yang tadi ditukarkannya. Pantesan, dalam hatinya, tadi dia punya firasat kurang enak. Rupanya uangnya palsu!
Akhirnya, dikeluarkanlah uang 50 ribuan yang lain, yang bukan uang palsu, dan diberikannya kepada si Bapak sebagai pengganti uang palsu yang tadi. Uang palsunya Ani pegang untuk kenang-kenangan agar dia lebih berhati-hati selanjutnya.

Pertanyaannya:
Berapa nilai kerugian yang diderita toko tersebut?

CP, Jan 2010
http://www.ceppi-prihadi.co.nr

0 Comments:

Post a Comment